PENERAPAN PENDIDIKAN KESEHATAN PADA IBU TENTANG PENGETAHUAN TUMBUH KEMBANG ANAK USIA PRASEKOLAH (3-5 TAHUN)

Kamiliyana Kamiliyana1* Immawati Immawati2 Sri Nurhayati3
(1) Akper Dharma wacana
(2) Akper Dharma Wacana
(3) Akper Dharma Wacana
(*) Corresponding Author

Abstract

Latar Belakang: Skrining perkembangan untuk mendeteksi dini pada setiap anak penting dilakukan terutama pada anak agar ditemukan kecurigaan penyimpangan perkembangan agar dapat segera dilakukan intervensi dini sebelum terjadi kelainan. Peran aktif ibu terhadap perkembangan anak sangat diperlukan tdalam tumbuh kembang anak.  Kurangnya peran ibu dalam pemenuhan kebutuhan dasar anak akan memberikan dampak yang kurang baik bagi perkembangan anak. Tujuan:  untuk menggambarkan tingkat pengetahuan ibu tentang tumbuh kembang anak usia prasekolah. Metode: menggunakan desain studi kasus. Subjek penerapan dilakukan pada ibu yang mempunyai anak usia prasekolah (3-5 tahun). Hasil : Hasil penerapan pendidikan kesehatan terjadi peningkatan tingkat pengetahuan ibu  tentang tumbuh kembang dari kurang (40%) menjadi  baik (75 %) . Kesimpulan: Tingkat pengeatahuan ibu dipengaruhi oleh usia, pendidikan, pengalaman dan informasi. . Ibu dapat meningkatkan tingkat pengetahuan dengan mengikuti penyuluhan kesehatan, berdiskusi dengan tenaga kesehatan, membaca buku tumbuh kembang dan sebagainya

Kata Kunci          :   Ibu, Pendidikan Kesehatan, Tumbuh Kembang, Usia Prasekolah

 

Full Text:

PDF

References


Soetjiningsih & Ranuh, I.N.G (2016). Tumbuh Kembang Anak Edisi 2. Jakarta. Buku Kedokteran EGC.

Adriana, D. (2017). Tumbuh Kembang & Terapi Bermain pada Anak-Anak. Jakarta. Salemba Medika.

Kyle, T & Carman, S. (2015). Buku Ajar Keperawatan Pediatri Edisi 2 Volume 1. Jakarta: EGC.

Notoatmodjo, S. (2014). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiman & Riyanto, A. (2013). Kapita selekta kuisioner, pengetahuan dan sikap dalam penelitian kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Rajaratenam, S.G., Martini, R.D & Lipoeto, N.I. (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap dengan Tindakan Pencegahan Osteoporosis pada Wanita Usila di Kelurahan Jati. Jurnal Kesehatan Andalas 2014; 3(2).Dasmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung. Remaja Rosda Karya.

Sulastri. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Sikap dan Perilaku Personal hygiene Gigi dan Mulut Anak Usia Sekolah di SD Negeri Payung. Jurnal Care Vol.6, No.1,hal 92-101.

Palasari, W & Purnomo, D.I.S.H. (2012). Keterampilan Ibu dalam Deteksi Dini Tumbuh kembang terhadap Tumbuh Kembang Bayi. Jurnal STIKES Volume 5, No. 1, Juli 2012. Halaman 11-20.

Yusran. (2014). Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu dalam Mengoptimalkan Pencapaian Tumbuh Kembang Anak PraSekolah di Kecamatan Kertasura. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Cendikia Muda

Diterbitkan oleh :
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Akademi Keperawatan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
Telp. 0725-46685
Faks. 0725-46685
Email: jurnalcendikiamuda@akperdarmawacana.ac.id