ANALISIS PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DENGAN MODEL DDST II DI SEKOLAH ALAM INDONESIA PALEMBANG

Azwaldi Azwaldi, Hanna DI Damanik, Imelda Erman

Abstract


Perkembangan merupakan hasil interaksi kematangan susunan saraf pusat dengan organ yang dipengaruhinya sehingga perkembangan ini berperan penting dalam kehidupan manusia.Anak-anak yang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan memiliki rasa keingintahuan yang besar terhadap lingkungan sekitar. Penelitian bertujuan mengetahui Perkembangan Anak Usia Dini dengan Model DDST II Di Sekolah Alam Indonesia Palembang. Metode; Desain penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Cross secsional terhadap variabel penelitian. Besar sampel adalah 30 responden dengan teknik Total Quota Sampling. Untuk analisisnya menggunakan uji chi-square test dengan derajat kemaknaan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan signifikan antara variabel status social ekonomi orang tua dengan tingkat perkembangan anak dengan nilai p-Value sebesar p-Value=0,01, untuk hubungan variabel riwayat Kelahiran dan berat badan lahir dengan tingkat perkembangan anak menunjukkan hubungan yang tidak signifikan dengan nilai p-Value> α = 0,05 masing-masing p-Value = 0,773 danp-Value=0,337, sedangkan variabel penyakit kronis yang pernah diderita tidak dilakukan uji chi square karena tidak ada variasi nilai variabelnya. Kesimpulan; ada hubungan yang bermakna antara status sosial ekonomi orangtua dengan tingkat perkembangan anak Usia dini di sekolah alam Indonesia Palembang. Diharapkan pemahaman orang tua dan masyarakat terhadap proses perkembangan anak usia dini lebih meningkat dan dapat mengenal dengan baik tanda-tanda keterlambatan proses perkembangan anak termasuk faktor yang berpengaruh

Keywords


Anak Usia Dini, Perkembangan, Sekolah Alam

Full Text:

PDF

References


Dody H., (2017,7 Agustus). Indonesia Peringkat 101 Dunia Tumbuh Kembang Anak. Diakses pada 18 Maret 2019 dari http://paud.kemdikbud.go.id/2017/08/07/ indonesia-peringkat-101-dunia-tumbuh-kembang-anak

https://www.bps.go.id/statictable/2010/03/19/1525/indikator-pendidikan-1994-2019.htm Diakses pada 18 Maret 2019

Khaeruddin. (2009). Konsep Sekolah Alam Untuk Anak Usia Dini.

Susilaningrum, N. U. (2013). Asuhan Keperawatan Bayi dan Anak Edisi 2. Jakarta: Salemba Medika.

SR Diniyyah dkk, (2017). Asupan Energi, Protein dan Lemak dengan Kejadian Gizi Kurang pada Balita Usia 24-59 Bulan di Desa Suci, Gresik, Diakses pada 20 Juni 2020 dari https://e-journal.unair.ac.id/AMNT/ article/download/7139/4390

D. Istiana., (2016). Terapi Kelompok Terapeutik Anak Dengan Orang Tua Dan Guru Meningkatkan Perkembangan Mental Anak Usia Sekolah, Diakses tanggal 20 Juni 2020 dari https://e-journal. unair.ac.id/JNERS/article/download/3971/2683

Chamidah A.N., 2009. Deteksi Dini Gangguan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan Khusus. 5(2) : 84, 89, 92

Andriana D., 2011. Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain Anak. Jakarta:Salemba Medika.

Nazi S., 2012. Fine Motor Development of Low Birth Weight Infants at the Corrected Aged of 8 to 12 Months. Iranian Rehabilitation Journal. 10(16) : 22

Chaves R., Jone A.B., Games T., Souza M., Pareira S., dan Maia J., 2015. Efffects of Individual and School-Level Characteristucs on A Child’s Gross Motor Coordination Development. Int. J. Environ. Res. Public Health. 12 :8884 5

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini : Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta : Prenada Media Group.

Takarini, N. 2013. Pendekatan Terkini Brain Stimulation dan Brain Restoration pada gangguan neurologis anak. Makalah Seminar dan Workshop Nasional Fisioterapi. 2-3 November 2013. Hotel Orange Surakarta. Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Wacana Kesehatan (ISSN (Cetak) : 2088-5776, ISSN (Online) : 2541-6251)

Published by :
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Akademi Keperawatan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
Telp. 0725-46685
Faks. 0725-46685
Email: jurnalwacanakesehatan@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

 

Flag Counter