GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA AKPER DHARMA WACANA METRO ANGKATAN XXII SAAT PERTAMA TINGGAL DIASRAMA AKPER DHARMA WACANA METRO

Janu Purwono

Abstract


Kecemasan adalah gangguan alam perasaan ketakutan / kehawatiran yang mendalam dan berkelanjutan, perilaku dapat terganggu tetapi masih dalam batas-batas normal. Kecemasan banyak ditemui pada mahasiswa saat menghadapi lingkungan baru. Tujuan penelitian  adalah untuk mengetahui gambaran Akper Dharma wacana Metro Angkatan XXII saat pertama tinggal di asrama Akper Dharma wacana dengan mengukur tingkat kecemasan mahasiswa. Desain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, yaitu mengetahui gambaran tingkat kecemasan pada mahasiswa Akper Dharma wacana Metro Angkatan XXII saat pertama tinggal di asrama Akper Dharma wacana. Sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 108 responden. Upaya mengukur tingkat kecemasan dengan menggunakan ZSAS yang telah diadaptasi terdiri dari 38 item pernyataan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa didapatkan 95 orang ( 87 %)  mengalami kecemasan ringan, ada sebanyak 13 orang (  12 %) mengalami kecemasan sedang dan ada 1 orang (1%) yang mengalami tingkat kecemasan berat. Hal ini memberikan arti bahwa kecemasan pada mahasiswa Akper Dharma wacana Metro Angkatan XXII saat pertama tinggal di asrama Akper Dharma wacana secara umum adalah  kecemasan ringan. Saran yang disampaikan antara lain dilakukan secara khusus kepada pihak akper dharma wacana Metro khususnya pengelola asrama perlunya pengarahan, penguatan mental serta bimbingan dan arahan di asrama. Bagi mahasiswa baru yang tinggal pertama di asrama perlu melakukan teknik relaksasi dengan cara mengendurkan otot pada tangan, lengan, kaki, perut, punggung, bahu, leher, dahi hingga mencapai relaksasi kemudian  berkonsentrasi sambil berdoa sebelum saat terjadi kecemasan.


Full Text:

PDF

References


Mu'tadin, Z. (2002). Pengantar Pendidikan dan Ilmu Perilaku Kesehatan. Yogyakarta. Andi Offset. Yogyakarta. Andi Offset.

Stuard & Sundeen (2013) Keperawatan Jiwa. EGC, Jakarta Alih bahasa : Hamid.S Yani A.

Hawari, D. (2002) Manajemen Stres, Cemas dan Depresi . Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta.

Sunaryo. (2004) Psikologi Untuk Keperawatan. EGC, Jakarta

Shohib, M. (2005) ”Kecemasan” Melalui www.google.com.

Wicaksana, (1996) Concur fent validity and reliability test of zung self-rating mental disorder-III in Indonesia on preceding of the 5 th Asean Federation of psychiatry and mental congress Bandung.

Nursalam. (2003) Konsep dan Penerapan Metode Ilmu Keperawatan . Salemba, Jakarta.

Kusumawati F (2011), Buku ajar keperawatan Jiwa, Salemba Medika

Amir Hossein H,( 2014), Evaluating the Relationship of Anxiety, Stress and Depression with Sleep Quality of Students Residing at the Dormitories of Tehran University of Medical Sciences in 2013, World Journal of Medical Sciences 11 (4), Publications, 2014

Rahmatika, D(2014), skripsi, Hubungan antara kecemasan perpisahan dengan orang tua dengan motivasi belajar pada santri pelajar di pondok pesantren assidikkiyah kebon jeruk Jakarta, Jakarta UIN.

Durand, V. M, Barlow, D.H. (2007).

Essentials of Abnormal Psychology.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Carpenito, Lynda Juall. 2000. Buku Saku

Diagnosa Keperawatan. Alih Bahasa

Tim Penerjemah PSIK UNPAD. Editor Monica Ester, Edisi 8.Jakarta: EGC

Prily Apriliany S. Husain, 2013, Gambaran Tingkat Kecemasan dalam Merawat Anggota Keluarga yang Menderita Stroke di Ruangan Neuro RSUD.Prof. Dr. Hi. Aloei saboe Kota Gorontalo.

Arif Triadi Maulana, 2015, Gambaran Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Semester Satu di Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Wacana Kesehatan (ISSN (Cetak) : 2088-5776, ISSN (Online) : 2541-6251)

Published by :
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Akademi Keperawatan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
Telp. 0725-46685
Faks. 0725-46685
Email: jurnalwacanakesehatan@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

 

Flag Counter