HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN PADA PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG PAVILIUN RSUD JEND. AHMAD YANI METRO

Nuri Luthfiatil Fitri

Abstract


Latar belakang: Kepuasan pasien adalah indikator pertama dari standar suatu rumah sakit dan merupakan suatu ukuran mutu pelayanan. Kepuasan pasien yang rendah akan berdampak terhadap jumlah kunjungan dirumah sakit. Sikap perawat terhadap pasien juga akan berdampak terhadap kepuasan pasien dimana kebutuhan pasien dari waktu ke waktu akan meningkat, begitu pula tuntutannya akan mutu pelayanan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi pasien pada pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di Ruang Paviliun RSUD Jend. Ahmad Yani Metro tahun 2014.

Metode: Jenis penelitian kuantitatif, rancangan survey analitik menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien RSUD Jend. Ahmad Yani Metro sebanyak 64 dan seluruhnya dijadikan sampel. Analisis dalam penelitian ini menggunakan uji chi square.

Hasil: Hasil penelitian didapatkan sebesar 85,94% pasien memiliki persepsi dalam kategori baik, dan 68,8% memiliki tingkat kepuasan dalam kategori puas. Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan bermakna antara persepsi pasien pada pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien (p-value= 0,022 <a 0,05; OR 5,857 (CI;95%: 1,290-26,590).

Kesimpulan: Persepsi dan tingkat kepuasan pasien dapat memberikan gambaran bagaimana pelayanan keperawatan yang dilakukan oleh perawat. Oleh karena itu, Seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya kebutuhan pelayanan kesehatan menuntut perawat saat ini memiliki pengetahuan dan keterampilan di berbagai bidang. Saat ini perawat memiliki peran yang lebih luas dengan penekanan pada peningkatan kesehatan dan pencegahan penyakit, juga memandang klien secara komprehensif. 


Full Text:

PDF

References


Kuswantoro, dkk, Pengaruh Mutu Pelayanan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien (Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Malang), diakses pada Januari 2014 dalam web site: http://old.fk.ub.ac.id

Depkes RI, Pedoman Uraian Tugas Tenaga Keperawatan di Rumah Sakit. Direktorat Jenderal Pelayanan Medik, Jakarta, 1999

Kuswantoro, dkk, Pengaruh Mutu Pelayanan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien (Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Malang),

Goestsch DL, Davis S. Intruduction to tatal quality, productivity, Competitiveness, Englewood Cliffs,NJ: Prentice Hall International Inch: 1994

Levelock C, Wriht L, Manajemen pemasaran jasa, Jakarta; PT Intermasa; 2005

Kotler P Manajemen pemasaran: analisis, perencanaan, implementasi dan kontrol, Jakarta: PT Prehallindo; 2001

Boller C, Wyss K, Mtasiwa D, Tanner M, Quality and comparison of antenatal care in publik an private providers in the united republic of Tanzania, Bulletin of the word Health Organization, 2003; 81 (2); 116-22

Andaleeb SS, Public and private hospital in Bangladesh; service quality and predictors of hospital choice. Healt Policy and Planning 2000; 15 (1); 95-102

Baltussen RM.Ye Y, Haddad S, Sauerborn RS, Perceived quality of care of primary health care service in Burkina Faso. Health Policy Planning, 2002, 17; 42-48

Doung DV, Binns CW, Lee AH, Hipgrave DB, Measuring client-perceived quality of maternity service in Rural Vietnam, International Journal of Quality Helth Care, 2004; 6; 447- 457

Mujib, Persepsi, diakses pada bulan Januari tahun 2014 dalam web site: http://bloginfo.heck.in/persepsi.xhtml , 2013

Angelina, Rian, 2012. “Effect Of Total Quality Management, Reward Systems And Organization Commitment To Managerial Performance In Hospital In Pekanbaru”, Jurnal FE Universitas Riau


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Wacana Kesehatan (ISSN (Cetak) : 2088-5776, ISSN (Online) : 2541-6251)

Published by :
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Akademi Keperawatan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
Telp. 0725-46685
Faks. 0725-46685
Email: jurnalwacanakesehatan@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

 

Flag Counter