KAYU BAKAR DALAM INDUSTRY PEMBAKARAN GENTENG DIDUGA SEBAGAI PENYEBAB INFEKSI SALURAN PERNAFASAN AKUT (ISPA

Elmi Nuryati

Abstract


Asap yang dihasilkan dari pembakaran kayu itu ternyata berbahaya bagi kesehatan seperti layaknya polutan dari pembakaran mineral dan mesin kendaraan bermotor. Polutan dari  kayu bakar dalam industry pembakaran genteng dapat menjadi salah satu penyebab infeksi saluran pernafasan akut (ISPA). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan penggunaan kayu bakar dalam industry pembekaran genteng dengan kejadian ISPA pada daerah home industri  Desa Pandansari Selatan Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu Tahun 2017. Jenis penelitian adalah analitik komparatif dengan desain crosectional. Populasi dalam penelitian ini semua warga desa Pandansari Selatan kecamatan sukoharjo dengan jumlah sampel 80 responden. Teknik sampling yang digunakan consecutive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan wawancara. Analisis data dilakukan secara bivariat dengan menggunaka uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara penggunaan kayu bakar dalam industry pembakaran genteng dengan kejadian ispa dengan p value >  0,05, nilai OR 2,206. Hal tersebut menunjukkan bahwa kayu bakar yang menghasilkan asap sangat berbahaya dan berperan besar dalam menyebabkan penyakit infeksi saluran pernafasan akut. 


Full Text:

PDF

References


KEMENKES. Riset kesehatan dasar. In: RI K, editor. Jakarta: Balitbangkes Kemenkes RI; 2007.

Gall ET, Carter EM, Earnest M, Stephens B. Indoor Air Pollution in Developing Countries: Research and Implementation Needs for Improvements in Global Public Health. American Journal of Public Health. 2013;103(4): e67–e72.

Soemirat J. Kesehatan lingkungan Yogyakarta Gadjah Mada University Press; 2011.

Dahniar. 2015. Available from: http://industriunimalku.blogspot.co.id/2015/09/makalah-pengaruh-asap-pabrik-batu-bata.html.

Wardhani E, Pharmawati K, Sururi MR, Kurniati N. Hubungan faktor lingkungan sosial ekonomi dan pengetahuan ibu dengan kejadian infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) pada balita di kelurahan Cicadas Kota Bandung. seminar nasional sains dan teknologi III; Universitas Lampung: Lembaga Penelitian UNILA; 2010.

Mayasari E. Resiko Kejadian ISPA Pada Perokok Pasif dan Pengguna Kayu Bakar di Rumah Tangga. Jurnal Stikes Surya Mitra Husada Kediri. 2011.

WHO. Pencegahan dan pengendalian infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) yang cenderung menjadi epidemi dan pandemi di fasilitas pelayanan kesehatan. In: WHO, editor. Indonesia2007.

KEMENKES. Pedoman pengendalian penyakit infeksi saluran pernafasan akut,. In: RI k, editor. Jakarta: Direktorat pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan; 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Wacana Kesehatan (ISSN (Cetak) : 2088-5776, ISSN (Online) : 2541-6251)

Published by :
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Akademi Keperawatan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
Telp. 0725-46685
Faks. 0725-46685
Email: jurnalwacanakesehatan@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

 

Flag Counter