PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN SISWA DALAM MENGHADAPIBENCANADIBANTUL YOGYAKARTA

Masta Hutasoit, Fiki Wijayanti, Noerma Shovei

Abstract


Latar Belakang: Bantul merupakan salah satu wilayah rawan bencana yang ada di Yogyakarta. Hasil wawancara dengan kepala SD N 2 Padokan diperoleh bahwa sekolah belum pernah ada pelatihan mengenai bencana dan belum diberlakukan kurikulum mengenai mitigasi bencana. Anak merupakan kelompok usia yang sangat rentan terhadap dampak bencana baik fisik maupun psikologis. Pengetahuan tentang kesiapsiagaan bencana penting dilakukan untuk upaya preventif menghadapi bencana. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan mengenai kesiapsiagaan siswa terhadap kejadian bencana gempa bumi di SD N 2 Padokan, Bantul.Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi experiment. Rancangan yang digunakan adalah pre test and post test nonequivalent control group.Jumlah sampel pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol masing-masing sebanyak 27 siswa kelas V. Metode pengambilan data dilakukan dengan purposive sampling sesuai dengan kriteria. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan menggunakan analisis statistik nonparametrik Wilcoxon dengan bantuan program SPSS v.17 for Windows.Hasil: hasil penelitian menunjukkan tidak ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan kesiapsiagaan bencana gempa bumi di SD N 2 Padokan didapatkan hasil p value 0.480 dengan α 0.05. Pada kelompok intervensi perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah ditunjukkan dengan p value 0.180, sementara untuk kelompok control 1.000. Kesimpulan: tidak ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan kesiapsiagaan bencana di SD N 2 Padokan

References


BNPB. (2015). Potensi Ancaman Bencana. Diakses dari http://www.bnpb.go.id/pengetahuan-bencana/potensi-ancaman-bencana pada tanggal 29 Maret 2016

BNPB. (2015). Data dan Informasi Bencana Indonesia. Diakses dari http://dibi.bnpb.go.id/data-bencana pada tanggal 29 Maret 2016

RENAS PB. (2010). Rencana Nasional Penanggulangan Bencana, 2010 – 2014. BNPB

Gusti. (2009). DIY Pernah Alami 12 Kali Gempa Bumi Merusak. Diakses dari https://ugm.ac.id/id/berita/816-diy.pernah.alami.12.kali.gempa.bumi.merusak pada tanggal 1 April 2015

Gusti. (2011). Rawan Gempa dan Tsunami, Bantul Perlu Perkuat Mitigasi. Diakses dari http://ugm.ac.id/id/berita/3911 rawan.gempa.dan.tsunami.bantul.perlu.perkuat.mitigasi pada tanggal 1 April 2015

Firmansyah, Iman, and Hanny Rasni. "Hubungan Pengetahuan dengan Perilaku Kesiapsiagaan dalam Menghadapi Bencana Banjir dan Longsor pada Remaja Usia 15-18 tahun di SMA Al-Hasan Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Artikel IlmiahHidayat, A. A. (2007). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika

Nuryati, S. (2015). Pentingnya Pendidikan Bencana. Diakses dari http://www.pelita.or.id/baca.php?id=80278 pada tanggal 29 Maret 2015

Seballos, F., Tanner, T., Tarazona, M., & Gallegos, J. (2011).

Children and disasters: Understanding impact and enabling

agency (p. 12). Brighton: Institute of Development Studies

SSB. (2011). Kerangka Kerja Sekolah Siaga Bencana. Sekolah Siaga Bencana bekerjasama dengan Konsorsium Pendidikan Bencana

Lopez, Y., Hayden, J., Cologoon, K., & Hadley, F., 2012, Child participation and disaster risk reduction, International Journal of Early Years Education Vol. 20, No. 3, September 2012, 300-308

Suprajitno, 2004, Asuhan Keperawatan Keluarga. Aplikasi Dalam Praktik. Jakarta; EGC.

Dolan, M.A. dan Krug, S.E. Pediatric Disaster Preparedness in the Wake of

Katrina: Lessons to be Learned. Clin Ped Emerg Med 7:59-66, 2006 Elsevier Inc

Siegel, D., Strauss, R.K., & Needle, S., 2014, Prioritization of pediatric CBNE disaster preparedness education and training needs, Clin Pediatr Emerg Med. 2014 Dec 1;15(4);309-317

United Nation Centre for Regional Development (UNCRD), 2009, Disaster Management Planning, diakses pada tanggal 1 Juni 2015 dari http://www.uncrd.or.jp/index.php?menu=229

Murray, J.S. & Monteiro, S., 2012, Disaster risk and children : How pediatric healthcare professional can help, Journal for Specialists in Pediatric Nursing17 (2012) 258–260

Kirikkaya, E.B., Cakin, O., Imali, B., dan Boxkurt, E. Earthquake Training Is Gaining Importance: The Views Of 4th And 5th

Year Students On Earthquake. Procedia Social and Behavioral Sciences 15 (2011) 2305–2313

Legarda. (2013). Legarda Launches Instructional Video on Disaster Preparedness. Diakses dari http://search.proquest.com.ezproxy.ugm.ac.id/docview/1411519541?accountid=13771 pada tanggal 1 Juni 2015

Motoadmodjo. 2007. Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta

Kuppuswamy, S. Usage of Media in Disaster Preparedness: With Reference toCoastal Disasters in Chennai Tamil Nadu, India. Asian Journal of Environment and Disaster ManagementVol. 4, No. 3(2012) 269–


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Wacana Kesehatan (ISSN (Cetak) : 2088-5776, ISSN (Online) : 2541-6251)

Published by :
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Akademi Keperawatan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
Telp. 0725-46685
Faks. 0725-46685
Email: jurnalwacanakesehatan@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

 

Flag Counter