PENERAPAN TEKNIK DISTRAKSI MENONTON KARTUN ANIMASI UNTUK MENGATASI MASALAH KEPERAWATAN NYERI SAAT DILAKUKAN PEMASANGAN INFUS PADA ANAK PRASEKOLAH (3 – 5 TAHUN)
(1) Akper Dharma wacana
(2) Akper Dharma wacana
(3) Akper Dharma wacana
(*) Corresponding Author
Abstract
Nyeri adalah sinyal distres tubuh untuk perlindungan, nyeri bertindak sebagai suatu peringatan bahwa jaringan sedang mengalami kerusakan. Salah satu stimulasi yang dapat merangsang rasa nyeri yang sering dialami saat di rumah sakit, terutama pada anak-anak adalah saat dilakukan pemasangan infus. Salah satu teknik distraksi yang dapat dilakukan pada anak dalam penatalaksanaan nyeri adalah dengan menonton kartun animasi. Teknik distraksi menonton kartun animasi bertujuan mengatasi masalah keperawatan nyeri saat pemasangan infus pada anak usia prasekolah (1-3 tahun). Rancangan karya tulis ilmiah menggunakan desain studi kasus. Subjek yang digunakan adalah anak usia prasekolah yang menjalani pemasangan infus. An. P, berjenis kelamin laki-laki berusia 3 tahun 7 bulan. Pasien datang ke rumah sakit dengan keluhan demam disertai kejang. Pasien sudah diinfus kemudian tercabut karena anak gelisah dan menangis. Pasien mengalami ketakutan jika harus diinfus kembali. Pasien mengalami kecemasan karena nyeri pemasangan infus sehingga pasien menangis. Penerapan distraksi menonton kartun animasimampu menurunkan tingkat nyeri pasien. Penerapan pada pasien didapatkan skala nyeri sedang menggunakan skala nyeri Wong-Baker dan skala nyeri ringan menggunakan skala nyeri FLACC.Bagi ibu dapat menggunakan teknik distraksi menonton film kartun untuk mengatasi nyeri pada anak saat dilakukan pemasangan infus.
Kata Kunci         : Distraksi, Nyeri,Usia Prasekolah (3-5 tahun)
Â
Full Text:
PDFReferences
Kyle, T & Carman, S. (2015). Buku Ajar Keperawatan Pediatri Edisi 2. Jakarta: EGC.
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2018). Profil Anak Indonesia 2018. Diunduh tanggal 2 Maret 2020. https: //www. Kemenpppa. go.id>profil> anak>indonesia.
Hidayat, A.A.A & Uliyah, M. (2016). Buku Ajar Ilmu Keperawatan Dasar. Jakarta: Salemba Medika.
Haris, H., Nurafriani & Asdar, F. (2018). Pengaruh Distraksi Visual terhadap Tingkat Nyeri pada Anak Usia Prasekolah saat pemasangan Infus di BLUD RSUD H. Padjonga Daeng Ngalle Kabupaten Talakar. STIKES Hasanuddin Makasar. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosa Volume 14 Nomor 2; 192-196
Hidayati, R., (2014). Praktik Laboratorium Keperawatan. Yogyakarta: Erlangga
Yani, I. D., Umboh, A & Ismanto, A.Y. (2017). Hubungan Dukungan Orangtua dengan kecemasan pada Anak Usia Prasekolah pada saat akan Dilakukan pemasangan Infus di RSUP Prof. DR. R. kandou Manado. Fakultas Kedokteran Universitas Sam ratulangi. e-Journal Keperawatan e-Kp Volume 5 Nomor 1.
Solehati, T & Kosasih, C. E. (2015). Konsep dan Aplikasi Relaksasi dalam Keperawatan Maternitas. Bandung: PT. Refika Aditama.
Notoatmodjo, S. (2014). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Kozier.B., Erb,G., Berman, A., & Snyder, S.J. (2011). Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses&Praktik Volume 2. Jakarta: EGC
Widakdo, D.E. (2017). Pengaruh Teknik Distraksi Visual Film Kartun terhadap Ansietas Anak Pre Operasi Sirkumsisi di Tenpat Praktek Mandiri Perawat JS Ngawi. STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Cendikia Muda
Diterbitkan oleh :
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Akademi Keperawatan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
Telp. 0725-46685
Faks. 0725-46685
Email: jurnalcendikiamuda@akperdarmawacana.ac.id