PENERAPAN TERAPI MUSIK KLASIK TERHADAP PENURUNAN TANDA DAN GEJALA PASIEN RESIKO PERILAKU KEKERASAN DI RUMAH SAKIT JIWA DAERAH PROVINSI LAMPUNG

Dhea Puti Agnecia, Uswatun Hasanah, Nia Risa Dewi

Abstract


Resiko perilaku kekerasan adalah kemarahan yang diekspresikan secara berlebihan dan tidak terkendali secara verbal sampai dengan mencederai orang lain dan merusak lingkungan. Penanganan resiko perilaku kekerasan dapat dilakukan dengan  terapi musik klasik. Terapi musik merupakan salah satu bentuk dari tehnik relaksasi yang bertujuan untuk mengurangi perilaku agresif, memberikan rasa tenang, sebagai pendidikan moral, mengendalikan emosi, pengembangan spiritual dan menyembuhkan gangguan psikologis. Pada karya tulis ilmiah ini menggunakan tanda dan gejala RPK yang dilakukan dengan terapi musik klasik menggunakan musik instrumen yang dipilih oleh pasien. Tanda dan gejala RPK diidentifikasi dengan lembar observasi yang berisi 12 item tanda dan gejala baik subjektif maupun objektif. Jika ada tanda dan gejala pada pasien akan diberi check list dengan setiap point diberi nilai satu. Terapi dilakukan dalam 2 sesi yaitu pagi dan siang hari.Tanda gejala pada subjek sebelum dilakukan terapi musik klasik mencapai persentase 66%.Tanda gejala subjek sesudah dilakukan terapi musik kalsik selama 3 hari skornya adalah 8% sehingga terjadi penurunan sebanyak 58%. Hasil uji tersebut menandakan terapi musik klasik memberi pengaruh terhadap pasien RPK.

Kata Kunci : Terapi musik klasik, Resiko perilaku kekerasan


Full Text:

PDF

References


Keliat, B.A & Akemat, P. (2013). Keperawatan Jiwa. Terapi Aktivitas Kelompok, ED.2. Jakarta : EGC Kedokteran.

Tim Pokja SDKI DPP PPNI. (2016). Standar Diagnosa Keperawatan Indonesia. Jakarta Selatan :Dewaan Pengurus pusat PPNI. RM RSJD Provinsi Lampung 2020.

Satrio, dkk. (2015). Buku Ajar Keperawatan Jiwa. LP2M Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Campbell, 2010, Efek Mozart : Memanfaatkan Kekuatan Musik Untuk

Mempertajam Pikiran, Meningkatkan Kreatifitasdan Menyehatkan Tubuh.

Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Djohan, 2016, psikologi musik. Yogyakarta: Penerbit : Indonesia Cerdas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Cendikia Muda

Published by :
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Akademi Keperawatan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
Telp. 0725-46685
Faks. 0725-46685
Email: jurnalcendikiamuda@akperdharmawacana.ac.id