PENERAPAN TEKNIK RELAKSASI BENSON TERHADAP PENURUNAN SKALA NYERI PADA PASIEN POST OPERASI APPENDIKTOMI DI KOTA METRO

Astri Septiana, Anik Inayati, Ludiana Ludiana

Abstract


Appendiktomi yaitu pembedahan untuk mengangkat apendiks yang mengalami inflamasi, pembedahan di indikasikan bila diagnose apendisitis telah di tegakkan. Masalah yang muncul pada pasien post operasi appendiktomi adalah gangguan rasa nyaman nyeri dan hal tersebut membutuhkan manajemen nyeri yang tepat, salah satunya menggunakan teknik relaksasi benson. Teknik relaksasi benson merupakan teknik pernapasan yang biasa digunakan di rumah sakit pada pasien yang sedang mengalami nyeri dan pada relaksasi benson ada penambahan unsur keyakinan dalam bentuk kata-kata. Tujuan penerapan ini adalah menurunkan intensitas nyeri pada pasien post operasi appendiktomi di Kota Metro. Rancangan karya tulis ini menggunakan desain studi kasus. Subyek yang digunakan 1 (satu) orang pasien post operasi appendiktomi di Kota Metro. Analisa data dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penerapan menunjukkan, setelah pemberian relaksasi benson 2 kali sehari selama 3 hari intensitas nyeri pasien post operasi appendiktomi yang menjadi subyek mengalami penurunan sesuai yang diharapkan dimana sebelum penerapan skor nyeri pasien adalah 6 dan setelah penerapan menurun menjadi 2. Relaksasi benson hendaknya dapat digunakan bagi pasien-pasien yang mengalami gangguan rasa nyaman nyeri di rumah sakit khususnya pasien post operasi appendiktomi.

 

Kata Kunci : Appendiktomi, Relaksasi Benson, Intensitas Nyeri

 


Full Text:

PDF

References


Soetmadji, W. D., Ratnawati, R & Sujuti, H. (2019). Buku Ajar Patofisiologi. Singapura: Elsevier Inc.

Suratun & Lusinah. (2010). Asuhan Keperawatan Klien Gangguan Sistem Gastrointestinal. Jakarta: CV. Trans Info Media

Saputro, N. E. (2018). Asuhan Keperawatan Pada Klien Post Operasi Apendisitis Dengan Masalah Keperawatan Kerusakan Integritas Jaringan. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jombang.

Erianto, Mizar., Dkk. (2020). Perforasi pada penderita apendisitis di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, Vol. 11, No 1, Juni 2020.

Medical Record RSUD Jend. Ahmad Yani Metro. (2019). Jumlah Kasus Apendisitis Bulan Januari-Desember 2019.

Solehati, T & Kosasih, C. E. (2015). Konsep & Aplikasi Relaksasi Dalam Keperawatan Maternitas. (Anna, Ed). Bandung: PT. Refika Aditama.

Rasubala, F. G., Kumaat, T. L & Mulyadi. (2017) . Pengaruh Teknik Relaksasi Benson Terhadap Skala Nyeri Pada Pasien Post Operasi di RSUP. Dr. R.D. Kandoudan RS TK.III R. W. Mongisidi Teling Manado. Journal keperawatan (Online) Volume 5 Nomor 1, Februari 2017.

Manurung, M., Manurung, T & Siagian, P. (2019). Pengaruh Teknik Relaksasi Benson Terhadap Penurunan Skala Nyeri Post Appendiktomi Di RSUD Porsea. Jurnal Keperawatan Priority (Online).Vol. 2, No. 2, Juli 2019 ISSN 2614-4719. Halaman 61-69.

Setiadi. (2013). Konsep Dan Praktik Penulisan Riset Keperawatan Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Black, J. M & Hawks, J. H. (2014).

Keperawatan Medikal Bedah Manajemen Klinis Untuk Hasil Yang Diharapkan Edisi 8 Buku 1. Jakarta: Salemba Medika.

Wijaya, Yantini & Susila. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intensitas Nyeri Pasien Pasca Operasi Fraktur Ekstremitas Bawah Di BRSU Tabanan. Caring, Vol 2, No 1, Juni 2018.

Harsono. (2009). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intensitas Nyeri Pasca Bedah Abdomen Dalam Konteks Asuhan Keperawatan Rumah Sakit Umum Daerah Ade Mohammad Djoen Sintang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Cendikia Muda

Published by :
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Akademi Keperawatan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
Telp. 0725-46685
Faks. 0725-46685
Email: jurnalcendikiamuda@akperdharmawacana.ac.id