PENGARUH PENERAPAN TERAPI MUROTTAL TERHADAP PENURUNAN NYERI PADA PASIEN POST OP APPENDIKTOMI DI KOTA METRO

Agung Pramono, Anik Inayati, Tri Kesuma Dewi

Abstract


Latar belakang: Apendisitis merupakan penyakit yang sering memerlukan tindakan bedah kedaruratan. Apabila tidak di tangani dengan benar, penyakit ini hampir selalu berakibat fatal atau kematian. Maka perlu di lakukan tindakan pembedahan yang di sebut Appendictomi. Pembahasan: Pada pasien post operasi appendiktomi rata-rata pasien mengalami masalah nyeri, salah satu tindakan keperawatan non farmakologis untuk meredakan nyeri adalah dengan teknik distraksi, yaitu dengan mengalihkan perhatian, yang salah satunya adalah dengan terapi murottal, (mendengarkan bacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an) mendengarkan murottal dapat memberikan hasil yang sangat efektif dalam upaya mengurangi nyeri pasca operasi klien. Tujuan penerapan untuk mengetahui karakteristik subyek dan pengaruh penerapan terapi murotal terhadap penurunan nyeri pasien post op Appendiktomi. Desain dalam karya tulis menggunakan study kasus, dengan 1 subyek penerapan. Analisa data di peroleh melalui observasi yang terdiri dari 1 (satu) komponen, pemeriksaan fisik pada subyek. Dari kuesioner tersebut, kemudian didapatkan perolehan data berupa skor yang disesuaikan berdasarkan rentang skala nyeri numerik menurut Bourbanis (NRS). Hasil penerapan menunjukkan bahwa ada pengaruh terapi murtottal untuk menurunkan nyeri pada pasien post op appendiktomi. Kesimpulan: terapi murottal mampu membantu menurunkan nyeri pada pasien appendiktomi. Terapi murottal dapat menjadi salah satu alternatif dalam mengatasi nyeri pada pasien appendikotimi.

 

Kata kunci           : appendisitis, nyeri, terapi murottal


Full Text:

PDF

References


Arifuddin, A., Salmawati, L., & Prasetyo, A. (2017). Faktor Risiko Kejadian Apendisitis di Bagian Rawat Inap Rumah Sakit Umum Anutapura Palu. Preventif: Jurnal Kesehatan Masyarakat. 8(1).

Hidayat, A. Azis., & Uliyah, M. (2014). Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia. Edisi 2. Jakarta : Salemba Medika

Jennifer P. Kowalak, William Welsh, Brenna Mayer. (2016). Buku ajar Patofisiologi. Professional Guide To Phatopysiologi. Alih Bahasa : Hartono. Jakarta : EGC

Kartika, I., Rahmayunia. (2015). ‘Pengaruh Mendengar Murottal Al-Qur’an terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Pasien Pasca Operasi Apendisitis’. Accessed on 21 Maret, 2020. Dalam situs https://repository.unri.ac.id/bitstream/handle/123456789/7471/Artikel%20Imelda%20R.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Mubarak, W. I., Indrawati, L., & Susanto, J. (2015). Buku Ajar Ilmu Keperawatan Dasar. Jakarta : Salemba Medika

Rilla, E. V., Ropi, H., & Sriati, A. (2014). Terapi Murottal Efektif Menurunkan Tingkat Nyeri Dibanding Terapi Musik pada Pasien Pascabedah. Jurnal Keperawatan Indonesia, 17 (2), 74-80.

Siswanti H. & Kulsum U. (2017). ‘Pengaruh Terapi Murotal Terhadap Nyeri Pasien Post Seksio Sesaria Di RSI Sunan Kudus Kabupaten Kudus 2016’. Program Studi Keperawatan STIKES Muhammadiyah Kudus. URECOL – 2017. Di akses dalam situs http://journal.ummgl.ac.id/index.php/urecol/article/view/1194

Solehati, T., & Kosasih, C. E. (2015). Konsep dan aplikasi relaksasi dalam keperawatan maternitas. Bandung : Refika Aditama.

Thomas A. Gloria, Lahunduitan, I., & Tangkilisan A. (2016). ‘Angka Kejadian Appendisitis Di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado Periode 2012 – 2015. Jurnal e-Clic (eCl). Vol. 4. Nomor 1. Januari-juni 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Cendikia Muda

Published by :
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Akademi Keperawatan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
Telp. 0725-46685
Faks. 0725-46685
Email: jurnalcendikiamuda@akperdharmawacana.ac.id