PENERAPAN LATIHAN BATUK EFEKTIF PADA INTERVENSI NEBULIZER DALAM MENGATASI KETIDAKEFEKTIFAN BERSIHAN JALAN NAPAS ANAK ASMA USIA PRASEKOLAH (3 – 5 TAHUN)

Wartini Wartini, Immawati Immawati, Tri Kesuma Dewi

Abstract


Latar Belakang:Asma adalah gangguan pada saluran bronkial yang mempunyai ciri bronkospasme periodik  terutama pada percabangan trakeobronkial yang dapat diakibatkan oleh berbagai stimulan. Obstruksi jalan napas dapat disebabkan karena adanya gangguan pada bersihan jalan napas berupa kondisi pernapasan yang abnormal, biasanya disebabkan karena ketidakmampuan untuk batuk efektif. Latihan batuk efektif merupakan aktivitas yang membersihkan sekresi pada jalan napas. Tujuan:Penerapan bertujuan untuk menggambarkan latihan batuk efektif pada intervensi nebulizer dalam mengatasi ketidakefetifan bersihan jalan napas anak asma usia prasekolah (3-5 tahun). Metode: Karya tulis ini menggunakan desain studi kasus. Subyek dalam penerapan latihan batuk efektif ini adalah anak usia prasekolah (3–5 tahun) yang menderita asma dengan masalah ketidakefektifan bersihan jalan napas. Hasil:Penerapan batuk efektif dan nebulizer pada klien terjadi perbaikan jalan napas.  Hasil penerapan menunjukkan adanya perubahan frekuensi napas yaitu sebelum penerapan 38 x/ menit dan setelah penerapan 24 x/ menit. Kesimpulan: Penerapan latihan batuk efektif pada intervensi nebulizer dapat mengatasi masalah ketidakefektifan bersihan jalan napas dan mampu menurunkan frekuensi napas menjadi 24 x/menit.

 

Kata Kunci          : Asma, Ketidakefektifan Bersihan Jalan Napas, Latihan Batuk

Efektif, Nebulizer, Usia Prasekolah (3-5 tahun)


Full Text:

PDF

References


Kyle, T & Carman,S. (2015). Buku Ajar Keperawatan Pediatri Edisi 2 Volume 3. Jakarta: EGC.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Hasil Utama Riskerdas 2018. Kementerian Kesehatan RI Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (2018). Peringatan Hari Asma Sedunia 2018 Never Too Early, Never Too Late. Worldasthmaday. Diunduh dari www.klikpdpi.com. pada tanggal 01 Mei 2020.

Somantri, I. (2012). Asuhan Keperawatan pada Klien dengan Gangguan Sistem Pernapasan Edisi 2. Jakarta: Salemba Medika.

Hidayat, A.A.A & Uliyah, M. (2015). Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia Edisi 2. Jakarta: Salemba MedikaAphridasari, J. (2017). Terapi Inhalasi. Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FK UNS.

Tafdhila & Kurniawati, A. (2019). Pengaruh Latihan Batuk Efektif pada Intervensi Nebulizer terhadap Penurunan Frekuensi Pernapasan pada Asma di Instalasi Gawat Darurat. Babul Ilmi_Jurnal Ilmiah Multi Science kesehatan. Vol. 11; 117-127.

Rahajoe, N.N., Supriyanto, B & Seyanto, D.B. (2018). Buku Ajar Respirologi Anak Edisi Pertama. Jakarta: Ikatan Dokter Anak Indonesia.

Muttaqin, A. (2012). Asuhan Keperawatan Klien dengan Gangguan Sistem Pernafasan.Jakarta: Salemba Medika.

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

NANDA. (2015). Diagnosis Keperawatan Definisi & Klasifikasi 2015-2017. Jakarta: EGC.

Putri, H & Soemarno, S. (2013). Perbedaan Postural Drainage dan Latihan Batuk Efektif pada Intervensi Nebulizer terhadap Penurunan Frekuensi Batuk pada Asma Bronchiale Anak Usia 3 – 5 Tahun. Jurnal Fisioterapi. Volume 13. No.1; 1-11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Cendikia Muda

Published by :
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Akademi Keperawatan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
Telp. 0725-46685
Faks. 0725-46685
Email: jurnalcendikiamuda@akperdharmawacana.ac.id