PENERAPAN PENDIDIKAN KESEHATAN TUMBUH KEMBANG PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK USIA TODDLER (1 – 3 TAHUN) DI RSUD JEND. AHMAD YANI METRO

Silvi Dita Saputri, Senja Atika Sari, Immawati Immawati

Abstract


Tumbuh kembang merupakan proses yang berkesinambungan yang terjadi sejak konsepsi dan terus berlangsung sampai dewasa. Dalam proses mencapai dewasa inilah anak harus melalui berbagai tahap tumbuh kembang.  Periode penting dalam tumbuh kembang anak adalah masa balita. Pengetahuan dan sikap ibu terhadap perkembangan balita sangat berpengaruh. Ibu berperan sebagai pendidik pertama dan utama dalam keluarga, ibu perlu dibekali pengetahuan dan keterampilan agar mengerti dan terampil dalam melakukan pengasuhan anak sehingga dapat bersikap positif dalam membimbing tumbuh kembang anak secara baik dan sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Tujuan: untuk menggambarkan pelaksanaan pendidikan kesehatan pengetahuan ibu tentang tumbuh kembang anak usiatoddler. menggunakan desain studi kasus. Subjek penerapan dilakukan pada 2 orang ibu yang mempunyai anak usia toddler. Setelah penerapan tidak semua pengetahuan ibu berubah dimana pengetahuan Ny. An tetap dan Ny. AM meningkat.Tingkat pengetahuan ibu dipengaruhi oleh usia, pendidikan, pengalaman dan lingkungan. Ibu dapat meningkatkan pengetahuan dengan banyak mengikuti penyuluhan kesehatan, berdiskusi dengan tenaga kesehatan, membaca buku tentang tumbuh kembang dan pengasuhan anak. Hal ini dipengaruhi oleh pemberian pendidikan kesehatan tentang tumbuh kembang sehingga ibu dari tidak tahu menjadi tahu.

Kata Kunci            :   Ibu, Pendidikan Kesehatan, Tumbuh Kembang, Usia Toddler


Full Text:

PDF

References


Soetjiningsih & Ranuh, I.N.G (2016).TumbuhKembangAnak Edisi 2. Jakarta. BukuKedokteran EGC.

Adriana, D. (2017).TumbuhKembang&TerapiBermainpadaAnak-Anak. Jakarta. SalembaMedika.

Badan Pusat Statistik. (2018). Analisa Perkembangan Anak Usia Dini Indonesia 2018-Integrasi Susenas dan Riskesdas 2018.

Kyle, T & Carman,S. (2015). Buku Ajar Keperawatan Pediatri Edisi 2 Volume 1. Jakarta: EGC.

Karo, M. B. (2015). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 1-3 tahun (toddler) di Sekolah Nisrina jati Asih Kota Bekasi tahun 2013. Jurnal Ilmiah WIDYAVolume 3. No2.September- Desember 2015

Handajany, S., Agustin, D & rafiani, N. (2017). Hubungan Karakteristik dan Pengetahuan Ibu tentang Stimulasi Perkembangan dengan Tingkat Perkembangan Anak di R.A Safinatul Jannah Kabupaten bekasi tahun 2017. Jurnal Kesehatan BaktiHusada, Vol. 3/No.2/2017.

Notoatmodjo, S. (2014). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiman & Riyanto, A. (2013). Kapita selekta kuisioner, pengetahuan dan sikap dalam penelitian kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Cendikia Muda

Published by :
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Akademi Keperawatan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
Telp. 0725-46685
Faks. 0725-46685
Email: jurnalcendikiamuda@akperdharmawacana.ac.id