PENERAPAN RELAKSASI AUTOGENIK TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2

R.A Alma Murti Ciptaningrum, Uswatun Hasanah, Ludiana Ludiana

Abstract


Diabetes Melitus (DM) adalah penyakit kronis yang ditandai dengan hiperglikemia (peningkatan kadar glukosa darah). Untuk mencegah terjadinya komplikasi DM, diperlukan pengontrolan terapeutik dan teratur melalui gaya hidup terutama pada  pasien DM tipe 2. Dalam melaksanakan pengontrolan kadar gula darah terdapat beberapa cara diantaranya dengan terapi relaksasi, yaitu terdiri dari PMR (Progressive Muscle Relaxation), benson, nafas dalam, dan relaksasi autogenik. Tujuan Karya Tulis Ilmiah ini adalah untuk mengetahui penerapan relaksasi autogenik terhadap kadar glukosa darah pada pasien diabetes melitus tipe 2. Desain penerapan karya tulis ilmiah ini menggunakan desain studi kasus dengan subyek yang digunakan 2 (dua) orang pasien dengan diagnosa diabetes melitus tipe 2. Setelah dilakukan penerapan relaksasi autogenik selama 3 hari pada pagi dan sore hari terjadi penurunan kadar gula darah pada kedua pasien. Relaksasi autogenik dapat mengontrol kadar gula darah pada pasien diabetes mellitus tipe 2.

Kata Kunci : Relaksasi Autogenik, Kadar Gula Darah, Diabetes MelitusTipe 2


Full Text:

PDF

References


Black, J M & Hawks, J H. (2014). Keperawatan Medikal Bedah: Manajemen Klinis Untuk Hasil Yang Diharapkan. (S. Aklia & P.P. Lestari, Ed., M. Joko & N. H. Setyawan, Penerj.) (Ed.8 V2). Singapura : Elsevier Inc.

International Diabetes Federation (2019)

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Hasil Utama Riskesdas 2018. Kementrian Kesehatan RI Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Medical Record. (2020). Daftar 10 Besar Penyakit Di Ruang Penyakit Dalam B. RSUD Jenderal Ahmad Yani kota Metro.

Decroli, Eva. (2019). Diabetes Melitus Tipe 2. Padang : Bagian Ilmu Penyakit Dalam.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (2018).

Insani Wina Rizky A., A. W. (2020). Pengaruh Relaksasi Autogenik Terhadap Gula Darah Pada Pasien DM Tipe 2 . Bidang ilmu: Keperawatan , 137-144.

Dewi, Rosliana. (2021). Teknik Relaksasi Lima Jari Terhadap Kualitas Tidur, Fatique dan Nyeri Pada Pasien Kanker Payudara. Yogyakarta: Budi Utama.

Purwono, J., Fitri, N. L., Ludiana., Hasanah, U., & Ayubbana, S. (2020). Effects of Sleep Quality Towards Blood Glucose Levels As At Type Ii Diabetes Mellitus Patients. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(11), 223-226.

Dolongseda, F. V., Masi, G. N., & Bataha, Y. B. (2017). Hubungan pola aktivitas fisik dan pola makan dengan kadar gula darah pada pasien diabetes melitus tipe ii di poli penyakit dalam rumah sakit pancaran kasih gmim manado. e-journal Keperawatan (e-Kp) Volume 5 Nomor 1

Isnaini, N. (2018). Faktor Resiko Mempengaruhi kejadian Diabetes Melitus Tipe Dua. Jurnal Keperawatan dan Kebidanan Aisyiyah, Vol. 14, 59-68.

Limbong, M. (2015). “Pengaruh Relaksasi Autogenik Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah Pada Klien DM Tipe 2”. Jurnal Penelitian. Universitas Sumatera Utara.

Psikodemia. (2018). Terapi Relaksasi Autogenik Pada Ilmu Psikologi. Di akses pada tanggal 10 Mei 2020. Dalam situs https://psikodemia.com/terapi-relaksasi-autogenik/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Cendikia Muda

Published by :
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Akademi Keperawatan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
Telp. 0725-46685
Faks. 0725-46685
Email: jurnalcendikiamuda@akperdharmawacana.ac.id