PENERAPAN MASSAGE PADA KAKI DENGAN MINYAK ESSENSIAL LAVENDER TERHADAP TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI RUANG JANTUNG

Rika iyasa rahmasari, Nuri Lutfiatil Fitri, Sri Nurhayati

Abstract


Hipertensi menjadi salah satu penyakit tidak menular yang menjadi perhatian utama karena angka kejadian yang tinggi di dunia. Komplikasi hipertensi apabila tidak ditangani akan mempengaruhi sistem kardiovaskular, saraf, dan ginjal. Laju aterosklerosis meningkat, meningkatkan resiko penyakit jantung koroner dan stroke. Penatalaksanaan yang diterapkan penulis untuk menurunkan tekanan darah dalam karya tulis ilmiah ini yaitu penerapan massage pada kaki dengan minyak essensial lavender. Rancangan karya tulis ilmiah ini menggunakan desain studi kasus (case study). Subyek yang digunakan yaitu dua pasien dengan hipertensi. Analisa data dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penerapan menunjukkan bahwa setelah dilakukan penerapan massage pada kaki dengan minyak essensial lavender, terjadi penurunan tekanan darah pada pasien hipertensi dimana tekanan darah sebelum dilakukan penerapan pada subyek I dari 150/90 mmHg menjadi 130/80 mmHg dan pada subyek II dari 140/90 mmHg menjadi 130/70 mmHg. Bagi keluarga pasien hipertensi hendaknya dapat melakukan penerapan massage pada kaki dengan minyak essensial lavender secara mandiri untuk membantu menurunkan atau mengontrol tekanan darah.

Kata Kunci      :  Hipertensi, Tekanan Darah, Massage pada Kaki, Minyak Essensial Lavender.

 


Full Text:

PDF

References


WHO. (2019). Hypertension. diakses pada tanggal 24 Maret 2021 pukul 19.00 WIB dalam website: https://www.who.int/

Kemenkes RI. (2019). Hasil Utama Riskesdas 2018. Kementrian Kesehatan RI. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Dinkes Kota Metro. (2019). Profil Kesehatan Kota Metro. Kota Metro: Dinas Kesehatan Kota Metro.

Medikal Record RSUD Jend. Ahmad Yani Metro. (2020). 10 Besar Penyakit di Ruang Penyakit Jantung RSUD Jend. Ahmad Yani Metro.

Alifariki, L.O., dkk. (2019). Epidemiologi Hipertensi (Sebuah Tinjauan Berbasis Riset). Yogyakarta: LeutikaPrio.

LeMone, P., Burke, KM & Bauldoff, G. (2015). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Volume 3. Alih Bahasa: Subekti, B N. Jakarta: EGC.

Brunner & Suddarth. (2020). Keperawatan Medikal-Bedah Edisi 12. alih bahasa Yulianti, D & Kimin, A. Jakarta: EGC.

Mukhlis, H., Hardono, N. S. A.H., Purwono, J., & Wahyudi, D. A. (2020). CUPPING THERAPY FOR HYPERTENSIVE PATIENTS: A QUASI-EXPERIMENTAL RESEARCH WITH TIME SERIES DESIGN. Journal of Critical Reviews, 7(14), 1437-1443

Herliawati, H., & Ramadhani, R. (2011). Pengaruh Masase Kaki Dengan Minyak Esensial Lavender Terhadap Penurunan Tekanan Darah Penderita Hipertensi Primer Usia 45-59 Tahun Di Kelurahan Timbangan Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir. ePrints UNSRI.

Mubarak, W I., Indrawati, L & Susanto, J. (2015). Buku Ajar Ilmu Keperawatan Dasar Buku 1. Jakarta: Salemba Medika.

Setyawati, T. (2015). Pengaruh Pemiijatan Tungkai Dan Kaki Dengan Aromaterapi Lavender Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Primer (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Tawaang, E., Mulyadi & Palandeng, H. (2013). Pengaruh Teknik Relaksasi Napas Dalam Terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Pasien Hipertensi Sedang-Berat. ejournal keperawatan (e-Kp) Volume 1. Nomor 1.

Black, J M & Hawks, J H. (2014). Keperawatan Medikal Bedah. Edisi 8. Buku 2. Jakarta : Salemba Medika.

Novitaningtyas, T. (2014). Hubungan karakteristik (umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan) dan aktivitas fisik dengan tekanan darah pada lansia (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Muttaqin, A. (2012). Asuhan Keperawatan Klien dengan Gangguan Sistem Kardiovaskular. Jakarta : Salemba Medika.

Amirudin, Z., Pratikwo, H.S & Sedjati, R.S. (2018). Efektivitas Masase Kaki Dengan Minyak Esensial Lavender Dan Sereh Wangi. Jurnal Keperawatan Poltekkes Kemenkes Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Cendikia Muda

Published by :
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Akademi Keperawatan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
Telp. 0725-46685
Faks. 0725-46685
Email: jurnalcendikiamuda@akperdharmawacana.ac.id