PENERAPAN PENDIDIKAN KESEHATAN PADA IBU TENTANG PERAWATAN DAERAH PERIANAL PADA USIA BAYI (0-12 BULAN) DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS RAWAT INAP BANJARSARI KOTA METRO

Tri Elda Rahmasari, Immawati Immawati, Tri Kesuma Dewi

Abstract


Kulit pada bayi berbeda dengan orang dewasa, walaupun strukturnya sama namun belum berfungsi dengan optimal. Kelengkapan dan maturitas struktur anatomis berkaitan erat dengan fungsinya. Salah satu permasalahan kulit yang sering terjadi yaitu pada kulit daerah perianal (genitalia) yaitu diaper rash atau ruam popok. Perianal pada bayi merupakan organ yang sangat lembut sehingga perawatannya memerlukan perhatian khusus. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya ruam popok pada usia bayi (0-12 bulan) yaitu dengan memberikan pendidikan kesehatan pada ibu tentang perawatan daerah perianal pada usia bayi (0-12 bulan). Rancangan karya tulis ilmiah menggunakan desain studi kasus (case study). Subyek yang digunakan yaitu ibu yang mempunyai usia bayi (0-12 bulan). Analisa data dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penerapan menunjukkan bahwa setelah dilakukan pendidikan kesehatan, tingkat pengetahuan dan prilaku ibu dalam perawatan perinal bayi usia (0-12 bulan) mengalami peningkatan dari tingkat pengetahuan kurang menjadi baik. Bagi ibu yang mempunyai usia bayi (0-12 bulan), hendaknya dapat melakukan atau menerapkan perawatan perianal seperti yang telah disampaikan dalam pendidikan kesehatan ini, sehingga dapat mencegah terjadinya ruam popok.

 

Kata Kunci          :Ibu, Bayi (0-12 bulan), Diaper Rash, Pendidikan Kesehatan, Perawatan Perianal.

Full Text:

PDF

References


Mubarak, W H., Indrawati, L & Susanto, J. (2015). Buku Ajar Ilmu Keperawatan Dasar Buku 1. Jakarta: Salemba Medika.

Kyle, T & Carman, S. (2016). Buku Ajar Keperawatan Pediatri Vol. 4 Edisi 2. alih bahasa Praptiani, W & Widiarti, D. Jakarta: EGC.

Sugito, T.L., dkk. (2013). Perawatan Kulit dan Kelamin: Sejak Bayi hingga Remaja. Jakarta: FKUI.

Suririnah. (2011). Buku Pintar Merawat Bayi 0-12 Bulan Panduan Bagi Ibu Baru. Jakarta: Gramedia.

Irfanti, R. T., Betaubun, A. I., Arrochman, F., Fiqri, A., Rinandari, U., Anggraeni, R., & Ellistasari, E. Y. (2020). Diaper Dermatitis. Cermin Dunia Kedokteran, 47(5), 50-55.

Nurhayati, S & Mariyam. (2013). Pengetahuan dan Kemampuan Ibu dalam Perawatan Daerah Perianal pada Bayi Usia 0-12 Bulan. Jurnal Keperawatan Anak, 1(1).

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Suranto, A. (2015). Jangan Panik, Bunda 85 Tips Pertolongan Pertama pada Anak. Jakarta: Penebar Plus.

Budiman & Riyanto, A. (2013). Kapita Selekta Kuesioner: Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Safalia, A & Indriyastuti, H.I. (2017). Pendidikan Kesehatan Perawatan Perianal Berdasarkan Standar Prosedur Operasional (SPO) Untuk Mencegah Ruam Popok Pada Bayi (Doctoral dissertation, STIKES Muhammadiyah Gombong).

Rusmawati, E. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Learning Together Tentang Pencegahan Ruam Popok Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Cendikia Muda

Published by :
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Akademi Keperawatan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
Telp. 0725-46685
Faks. 0725-46685
Email: jurnalcendikiamuda@akperdharmawacana.ac.id