PENERAPAN PENDIDIKAN KESEHATAN PADA IBU TENTANG PENGETAHUAN TUMBUH KEMBANG ANAK USIA PRASEKOLAH (3-6 TAHUN) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS METRO PUSAT
(1) Akademi Keperawatan Dharma Wacana
(2) Akademi Keperawatan Dharma Wacana
(3) Akademi Keperawatan Dharma Wacana
(*) Corresponding Author
Abstract
Pertumbuhan adalah perubahan dalam besar, jumlah ukuran atau dimensi tingkat sel, organ maupun individu yang bisa diukur dalam satuan sedangkan perkembangan adalah bertambahnya kemampuan dasar struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks. Gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak meliputi gangguan pertumbuhan fisik, gangguan perkambangan motorik, gangguan perkembangan bahasa, gangguan perkembangan emosi dan perilaku. Peran aktif ibu terhadap perkembangan anak sangat diperlukan terutama pada saat mereka masih berada di bawah usia lima tahun. Kurangnya peran ibu dalam pemenuhan kebutuhan dasar anak akan memberikan dampak yang kurang baik bagi perkembangan anak. Menggambarkan tingkat pengetahuan ibu tentang tumbuh kembang anak usia prasekolah. Rancangan karya tulis ilmiah menggunakan desain studi kasus. Subjek yang digunakan adalah 2 ibu yang mempunyai anak usia prasekolah (3-6 tahun). Tingkat pengetahuan ibu sebelum dilakukan penerapan pendidikan kesehatan tentang tumbuh kembang adalah Ny. L dalam kategori baik (80 %) dan Ny. S dalam kategori sedang (60 %). Tingkat pengetahuan setelah dilakukan penerapan pendidikan kesehatan pada kedua subyek terjadi peningkatan pengetahuan menjadi baik (93 %). Penerapan pendidikan kesehatan tentang tumbuh kembang anak usia prasekolah (3-6 tahun) mampu meningkatkan tingkat pengetahuan ibu. Bagi ibu yang memiliki anak usia prasekolah agar mampu meningkatkan pengetahuan tentang tumbuh kembang pada anak dan menerapkan pengetahuan yang dimiliki sehingga ketika anak mengalami gangguan tumbuh kembang dapat dilakukan penanganan yang tepat.
Full Text:
PDFReferences
Soetjiningsih & Ranuh, I.N.G (2016). Tumbuh Kembang Anak Edisi 2. Jakarta. Buku Kedokteran EGC.
Badan Pusat Statistik. (2018). Analisa Perkembangan Anak Usia Dini Indonesia 2018-Integrasi Susenas dan Riskesdas 2018.
Adriana, D. (2017). Tumbuh Kembang & Terapi Bermain pada Anak-Anak. Jakarta. Salemba Medika.
Nurjanah, N. (2015). Pengaruh Penkes Stimulasi Perkembangan Anak terhadap Sikap Orangtua di Rumah Bintang Islamic Pre School. Jurnal Ilmu Keperawatan Volume III. No 2. Halaman 112 -119.
Kyle, T & Carman, S. (2015). Buku Ajar Keperawatan Pediatri Edisi 2 Volume 1. Jakarta: EGC.
Notoatmodjo, S. (2014). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Budiman & Riyanto, A. (2013). Kapita selekta kuisioner, pengetahuan dan sikap dalam penelitian kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.
Notoatmodjo. S. (2012). Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Jakarta: RinekaCipta.
Antriana, I & Suyanti. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Pengetahuan Ibu Prasekolah tentang Stimulasi Perkembangan Anak di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Banjaran Kabupaten Majalengka Tahun 2019. KAMPUS STIKes YPIB Majalengka # Volume VIII No. 16 Oktober 2019
Raehan. (2019). Pengaruh penyuluha Kesehatan terhadap Pengetahuan Ibu tentang Tumbuh Kembang Anak Usia 3 – 5 tahun di PAUD Buah Delima di Lingkungan Galung Tengah Kabupaten Majene. Jurnal Ilmiah Media Bidan Volume 4 Nomor 2, Desember 2019.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Cendikia Muda
Diterbitkan oleh :
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Akademi Keperawatan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
Telp. 0725-46685
Faks. 0725-46685
Email: jurnalcendikiamuda@akperdarmawacana.ac.id