PENERAPAN TERAPI MENGHARDIK DAN MENGGAMBAR TERHADAP TANDA DAN GEJALA PADA PASIEN HALUSINASI PENDENGARAN

Weda Suri Herlina1* Uswatun Hasanah2 Indhit Tri Utami3
(1) Akademi Keperawatan Dharma Wacana
(2) Akademi Keperawatan Dharma Wacana
(3) Akademi Keperawatan Dharma Wacana
(*) Corresponding Author

Abstract

Halusinasi adalah gangguan persepsi sensori dimana ada perubahan persepsi terhadap stimulus baik internal maupun eksternal yang disertai dengan respon berkurang, berlebih atau terdistorsi. Salah satu tipe halusinasi adalah halusinasi pendengaran (auditory-hearing voices or sounds) dan menjadi tipe halusinasi yang paling banyak diderita. Pasien yang mengalami halusinasi dengar ditandai dengan mendengarkan suara atau kebisingan yang kurang jelas ataupun yang jelas, di mana terkadang suara-suara tersebut seperti mengajak berbicara pasien dan kadang memerintah pasien untuk melakukan sesuatu. Cara menangani pasien dengan halusinasi salah satunya adalah menggunakan perawatan dirumah sakit dengan strategi pelaksanaan secara rutin dan juga dengan terapi okupasi. Terapi okupasi yang digunakan adalah menggambar. Penerapan menghardik dan menggambar pada pasien halusinasi bertujuan untuk mengontrol halusinasi. Tujuan dilakukannya penerapan menghardik dan menggambar pada pasien dengan halusinasi pendengaran adalah untuk menurunkan tanda dan gejala halusinasi pendengaran pada pasien di Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Lampung Tahun 2023. Rancangan karya tulis ilmiah ini menggunakan desain studi kasus (case study). Subjek yang digunakan sebanyak 2 (dua) pasien halusinasi di ruang Nuri Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Lampung Tahun 2023. Analisa data dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penerapan menunjukkan bahwa setelah dilakukan penerapan menghardik dan menggambar terjadi penurunan tanda dan gejala halusinasi pendengaran pada  kedua pasien

Full Text:

PDF

References


Stuart, Gal W, Budi A. K., dan Jesika P. (2016). Prinsip dan Praktik Keperawatan Kesehatan Jiwa. Singapure: Elsevier.

Hidayat, S., & Mumpuningtias, E. D. (2014). Pendampingan Keluarga Dan Perawatan Orang Dengan Gangguan Jiwa Bebas Pasung. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 3(2), 65-69.

Tim Pokja SDKI DPP PPNI. (2016). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia

Nafiatun, S., dkk. (2020). Penerapan Teknik Menghardik Pada Tn. J Dengan Masalah Halusinasi. Jurnal Keperawatan Karya Bhakti 6 (1), 15-24.

Candra, I. W., Rikayanti, N. K., Sudiantara, I. K. (2017). Terapi Okupasi Aktivitas Menggambar Terhadap Perubahan Halusinasi Pada Pasien Skizofrenia. Jurnal Keperawatan Politeknik Denpasar, 1(3), 1-7.

Anggraini, K., dkk. (2013). Pengaruh Menghardik Terhadap Penurunan Tingkat Halusinasi Dengar Pada Pasien Skizofrenia di RSJD DR. Aminogondohutomo Semarang.

Furyanti, E., & Sukaesti, D. (2018). Art Therapy Melukis Bebas Terhadap Kemampuan Pasien Mengontrol Halusinasi. Jurnal Kesehatan Universitas Esa Unggul, 3(6), 1-10.

Yusuf, AH, dkk. (2015). Buku Ajar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta: Salemba Medika

Tampubolon, Irfandi N. (2016) Karakteristik Penderita Skizofrenia Yang di Rawat Inap di Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Muhammad Ildrem Medan Tahun 2015. Deskripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Nisa, A., Fitriani, V. Y., & Ibrahim, A. (2014) Karakteristik Pasien dan Pengobatan Penderita Skizofrenia di RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda. Tetrahedron Letters, 55, 3909

Rohana, Lasmi. (2019). Gambaran Karakteristik Klien Halusinasi di Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr, Muhammad Ildrem Medan Tahun 2019. Deskritif. Poltekkes Negeri Medan.

Satrio, S. K., Damayanti, R., & Ardinata. (2015). Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Lampung: LP2M IAIN Raden Intan Lampung.

Sutejo, (2022). Keperawatan Jiwa. Yogyakarta: pustaka baru press. PT PUSTAKA BARU Bantul Yogyakarta.

Yosep, I., & Sutini, T. (2016). Buku Ajar Keperawatan Jiwa dan Advence Mental Health Nursing. Bandung: PT. Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Cendikia Muda

Diterbitkan oleh :
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Akademi Keperawatan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
Telp. 0725-46685
Faks. 0725-46685
Email: jurnalcendikiamuda@akperdarmawacana.ac.id