PENERAPAN RELAKSASI BENSON TERHADAP SKALA NYERI PADAPASIEN POST OPERASI DI RSUD JEND. AHMAD YANI METRO

Tri Fenny Putri Ningrum1* Sapti Ayubbana2 Sri Nurhayati3
(1) Akademi Keperawatan Dharma Wacana
(2) Akademi Keperawatan Dharma Wacana
(3) Akademi Keperawatan Dharma Wacana
(*) Corresponding Author

Abstract

Latar belakang: Periode pasca operasi adalah periode ketiga sekaligus terakhir dari periode perioperatif. Fase setelah operasi merupakan fase penting karena pada fase inilah pasien akan merasakan nyeri akibat prosedur pembedahan yang dilakukan. Strategi penanganan nyeri atau manajemen nyeri adalah suatu tindakan untuk mengurangi nyeri.Salah satu teknik yang sering digunakan dalam penanganan nyeri non farmakologi adalah teknik relaksasi Benson yang menyebabkan tubuh menjadi rileks sehingga menimbulkan perasaan tenang dan nyaman. Tujuan: Menggambarkan efektifitas pemberian relaksasi Benson terhadap penurunan skala nyeri pada pasien post operasi di RSUD Jend. Ahmad Yani Metro. Metode: menggunakan desain studi kasus. Subjek yang digunakan adalah 2 orang pasien post operasi yang mengalami nyeri. Analisa data menggunakan analisis deskriptif dengan lembar observasi nyeri menggunakan skala nyeri NRS. Hasil: Sebelum dilakukan terapi teknik relaksasi Benson, kedua subyek berada pada skala nyeri sedang. Sesudah dilakukan terapi teknik relaksasi Benson, kedua subyek berada pada skala nyeri ringan.Terdapat perbedaan skala nyeri sebelum dan setelah dilakukan terapi relaksasi Benson. Kesimpulan:Penerapan teknik relaksasi Benson yang dilakukan penulis mampu menurunkan skala nyeri pada pasien post operasi.

Full Text:

PDF

References


Black, J. M & Hawks, J. H. (2014). Keperawatan Medikal Bedah. Indonesia: CV. Pentasada Media Edukasi.

Medical Record RSUD Jend. Ahmad Yani Metro (2021). Data Kasus Pembedahan di ruang Bedah RSUD Jend. Ahmad Yani Metro.

Solehati, T & Kosasih, C. E. (2015). Konsep dan Aplikasi Relaksasi dalam Keperawatan Maternitas. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hidayat, A. A. A & Uliyah, M. (2016). Buku Ajar Ilmu Keperawatan Dasar. Jakarta: Salemba Medika.

Rasubala, G. F., Kumaat, L. T & Mulyadi. (2017). Pengaruh Teknik Relaksasi Benson terhadap Skala Nyeri pada Pasien Post Operasi di RSUD Prof. Dr. R.D. Kandou dan RS TK. III R.W. Mongisidi Teling Manado. e-Journal Keperawatan (e-Kp) volume 5 Nomor 1, februari 2017.

Waisani, S & Khoiriyah, K. (2020). Studi Kasus Penurunan Intensitas Skala Nyeri Pasien Appendiks Post Appendiktomi menggunakan teknik Relaksasi Benson. Ners Muda, Vol 1 No. 1, April 2020.

Potter, A. P. & Perry, G. A. (2020) Dasar-Dasar Keperawatan, Volume 2. Singapore: Elsevire.

Mubarak, W. I., Indrawati, L & Susanto, J. (2015). Buku Ajar Ilmu Keperawatan Dasar. Jakarta; Salemba Medika.

Wijaya, Yantini & Susila. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intensitas Nyeri Pasien Pasca Operasi Fraktur Ekstremitas Bawah di BRSU Tabanan. Caring Vol.2 No


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Cendikia Muda

Diterbitkan oleh :
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Akademi Keperawatan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
Telp. 0725-46685
Faks. 0725-46685
Email: jurnalcendikiamuda@akperdarmawacana.ac.id