Pengaruh Down Syndrome terhadap Perkembangan Akademik Anak di Indonesia

Hera Maya Metavia1* Rahma Widyana2
(1) Universitas Mercu Buana, Yogyakarta
(2) Universitas Mercu Buana, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Down syndrome merupakan sebuah kelainan genetik berupa adanya kromosom ekstra di pasangan kromosom ke-21 pada manusia. Anak yang menyandang kelainan ini disebut dengan anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan akademik anak yang menderita kelainan down syndrome dan pengaruh kelainan tersebut terhadap perkembangan akademik dan prestasi anak di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka dengan cara mengumpulkan literatur yang berkaitan dengan topik penelitian. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwasanya kelainan down syndrome tidak berpengaruh terlalu besar terhadap perkembangan akademik dan prestasi anak selama mereka terus mendapatkan penanganan dan perhatian khusus baik dari orang tua maupun dari guru di sekolah agar mereka tetap mampu berkembang dan memiliki prestasi seperti anak-anak yang normal pada umumnya.

Keywords


Akademik, Down syndrom, Indonesia

Full Text:

PDF

References


(POTADS), T. P. (2019). Trisomy 21 Down Syndrome. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Afif, D. A. (2020). Interaksi Sosial Anak Down Syndrome di TK Nusa Indah Jakarta. Jurnal Pendidikan Islam, 141-162.

Bawono, Y. (2017). Kemampuan Berbahasa pada Anak Prasekolah: Sebuah Kajian Pustaka. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.

Budisetyani, K. P. (2020). Penerimaan Ibu terhadap Kondisi Anak Down Syndrome. Jurnal Psikologi Udayana, 28-36.

Cahya, P. (2018, Maret 1). Bisnis Sukses, 5 Anak Penyandang Down Syndrome Ini Jadi Miliarder. Retrieved from idntimes: https://www.idntimes.com/business/economy/putriana-cahya/5-anak-down-syndrome-jadi-miliader-karena-bisnis-1

Campbell, J. B. (2011). Biology. San Fransisco: Pearson Education, Inc.

Carr, J. (1995). Down's Syndrome Children Growing Up. USA: Cambridge University Press.

Cresswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Evans-Martin, F. F. (2009). Genes and Disease: Down Syndrome. USA: Chelsea House Publishing; 1st Edition.

Geniofam. (2010). Mengasuh dan Mensukseskan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Garailmu.

Gunarhadi. (2005). Penanganan Anak Sindroma Down dalam Lingkungan Keluarga dan Sekolah. Jakarta: Salemba Medika.

Hafsah, A. (2020, Juni). Penyakit Sindrom Down (Down Syndrome). Retrieved from Researchgate: https://www.researchgate.net/publication/342179725_PENYAKIT_SINDROM_DOWN_DOWN_SYNDROME

Halwiah, d. (2021). Improving Learning Outcomes Through Mnemonic Techniques in Mathematics Learning. Alauddin Journal of Mathematics Education, 3.

I., L. F. (2015). Resiliensi Ibu yang Memiliki Anak Down Syndrome di Sidoarjo, Vol.3, No.1. PSIKOLOGIA.

Indrawati, M. S. (2017). PENGALAMAN PENGASUHAN ANAK DOWN SYNDROME (Studi Kualitatif Fenomenologis Pada Ibu yang Bekerja). Jurnal Empati, Vol.7, No.3, 223-232.

Kisah Aswin Nugroho, Penyandang Down Syndrome Penjual Kue Kering yang Berjuang untuk Mandiri. (2019, Maret 26). Retrieved from BBC News Indonesia: https://www.bbc.com/indonesia/majalah-47701917

Mark L. Batshaw, N. R. (2013). Children with Disabilities. Baltimore: Brookes Publishing Co.

Marta, R. (2017). Penanganan Kognitif Down Syndrome melalui Metode Puzzle pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.1, No.1, 32-41.

Minakshi Vashist, N. &. (2013). Does any Correlation exist between I.Q levels, Diagnosis Age & Morphological Parameters in Down Syndrome Patient? International Journal of Theoretical & Applied Sciences, Vol.5, No.2, 79-83.

Mirawati, T. &. (2013). Distribusi Jumlah Anak dengan Down Syndrome pada Dua Kelompok Usia Ibu di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Palembang Tahun 2012. Syifa' MEDIKA, Vol.3, No.2, 71-81.

Noviardila, S. N. (2021). Kajian Literatur Pengaruh Model Learning Cycle terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu. Journal of Education Research, Vol.2, No.1, 1-5.

Puspasari, R. O. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation (Investigasi Kelompok) pada Mata Pelajaran Kearsipan di SMKN 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, Vol.9, No.1, 77-84.

R.A. Nugroho, S. S. (2017). PENERJEMAHAN: SEBUAH CARA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PARIWISATA INDONESIA. 9.

Renawati, R. S. (2017). INTERAKSI SOSIAL ANAK DOWN SYNDROME DENGAN LINGKUNGAN SOSIAL (STUDI KASUS ANAK DOWN SYNDROME YANG BERSEKOLAH DI SLB PUSPPA SURYAKANTI BANDUNG. Jurnal Penelitian dan PKM, 252-256.

Santoso, H. (2012). Cara Memahami dan Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Septian, R. R. (2020). Interaksi Sosial Anak Down Syndrome dengan Lingkungan Keluarga dan Masyarakat (Studi Kasus Anak Down Syndrome di Seluruh Sekolah Luar Biasa Kota Tasikmalaya). Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, Vol.8, No.2, 6-13.

Sherwood, L. (2001). Fisiologi Manusia. Jakarta: EGC.

Sriyanti Rahmatunnisa, D. A. (2020). STUDI KASUS KEMANDIRIAN ANAK DOWN SYNDROME USIA 8 TAHUN. EDUKIDS: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.17, No.2, 96-109.

Sudinia, Y. (2017). KEHIDUPAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB NEGERI SELATPANJANG DESA BANGLAS KECAMATAN TEBING TINGGI KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI (Studi tentang Peran Keluarga dan Guru dalam Mengasuh Anak Tunagrahita). JOM FISIP, Vol.4, No.2, 1-15.

Suryo. (2001). Genetika Manusia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Valentina, N. M. (2015). PENYESUAIAN PSIKOLOGIS ORANGTUA DENGAN ANAK DOWN SYNDROME. Jurnal Psikologi Udayana, Vol.2, No.2, 185-197.

Wardah. (2019). Antara Fakta dan Harapan: Sindrom Down. Retrieved from https://pusdatin.kemkes.go.id: https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin-down-syndrom-2019-1.pdf&ved=2ahUKEwiUj6vOt7j1AhWoUGwGHdKhBU4QFnoECCAQAQ&usg=AOvVaw0vcfwUVVReWWjdOdAtUI7L

Zulkaida, S. R. (2007). PENERIMAAN DIRI ORANGTUA TERHADAP ANAK AUTISME DAN PERANANNYA DALAM TERAPI AUTISME. Jurnal Psikologi, Vol.1, No.1, 7-17.




DOI: https://doi.org/10.52822/jwk.v7i1.403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

___________________________________________________________________
Jurnal Wacana Kesehatan
ISSN 2088-5776 (print) | 2541-6251 (online)
Managed by: Research and Community Service Institute
Published by: Akademi Keperawatan Dharma Wacana Metro
W: https://www.jurnal.akperdharmawacana.ac.id/
E: lppmakdw@gmail.com

 This work is licensed Under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Creative Commons License