PERBANDINGAN EFEKTIVITAS AROMATERAPI LAVENDER DENGAN SENAM PILATES TERHADAP PENURUNAN NYERI HAID PADA REMAJA PUTRI

Dhea Fernindi, M. Ridawan M.Ridwan

Abstract


Angka kejadian dismenorea pada remaja putri di Pondok Pesantren Daarul A’mal Kota Metro yaitu sebesar 63,3%, sedangkan di Pondok Pesantren Roudlatul Qur’an Kota Metro lebih tinggi yaitu sebesar 71,6%. Dampak yang terjadi akibat dismenorea ini menyebabkan siswi tidak dapat mengikuti proses pembelajaran di kelas, tidak masuk sekolah dan bahkan mengganggu aktivitas mereka sehari-hari. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi nyeri haid (dismenorea) adalah dengan menggunakan terapi non farmakologi berupa pemberian aromaterapi lavender secara inhalasi dan melakukan senam pilates yang diberikan pada dua kleompok yang terpisah dan perlakuakn yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas antara pemberian aromaterapi lavender dengan senam pilates terhadap penurunan nyeri haid pada remaja putri di Pondok Pesantren Roudlatul Qur’an Kota Metro. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan pendekatan Pretest-posttest group design tanpa group kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan besar sampel sebanyak 50 orang siswi terdiri dari 25 orang untuk pemberian aromaterapi lavender dan 25 orang untuk melakukan senam pilates. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariat dan analisis bivariat adalah dengan uji Mann Whitney. Hasil analisis univariat menunjukkan bahwa sebelum diberikan aromaterapi lavender rerata nyeri haid pada remaja putri adalah 5,08 dan setelah diberikan aromaterapi lavender rerata nyeri haid pada remaja putri adalah 1,36, sedangkan sebelum melakukan senam pilates rerata nyeri haid pada remaja putri adalah 5,68 dan setelah melakukan senam pilates rerata nyeri haid pada remaja putri adalah 1,92, dengan p value 0,000 yang menunjukkan bahwa senam pilates lebih efektif dalam penurunan nyeri haid pada remaja putri yang berarti ada perbedaan efektifitas antara pemberian aromaterapi lavender dengan senam pilates terhadap penurunan nyeri haid pada remaja putri.


Keywords


Aromaterapi Lavender, Senam Pilates, Nyeri Haid.

Full Text:

PDF

References


Manuaba, dkk. 2009. Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita, Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta.

Judha, dkk. 2012. Teori Pengukuran Nyeri Dan Nyeri Persalinan, Yogyakarta, Nuha Medika. 139 halaman.

Prawirohardjo, S. 2009. Ilmu Kandungan Edisi 2, Yayasan Bina Pustaka, Jakarta.

De Araujo, L.M. 2012. Pain Improvement In Women With Primary Dysmenorrhea Treated With Pilates, Center Of United Teaching Of Teresina (CUET), Teresina PI.

Dewi AP, I.P. 2011. Aromaterapi Lavender Sebagai Media Relaksasi, Bagian Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Husin, F. 2014. Asuhan Kehamilan Berdasarkan Bukti. Jakarta, Sagung Seto.

Pustikawaty, R. 2016. Pengaruh Aromaterapi Lavender Terhadap Skala Nyeri Haid Siswi Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya, Universitas Tanjungpura, Pontianak (Diakses: 23 Januari 2019).

Sastroasmoro, S; Sofyan I. 2014. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Klinis. Jakarta: Sagung Seto.

Maharani. Yuliana Vivian, Fatmawati. Ery, Widyaningrum. Rahmah. 2016. Pengaruh Aromaterapi Bunga Lavender (Lavendula Angustifolia) Terhadap Intensitas Nyeri (Dismenore) Pada Mahasiswi STIKES Madani Yogyakarta, Jurnal Kesehatan Madani Medika, Vol.7 No.1 uni 2016. Hal: 43-49 (Diakses: 23 Januari 2019).

Ulsafitri, Y. 2017. Pengaruh Exercise Pilates Dengan Penurunan Nyeri Haid Primer Pada Mahasiswa DIII Kebidanan Tingkat I STIKER Yarsi Bukittinggi, Sumatera Barat (Diakses: 23 Januari 2019).

Kusmiran, E. 2011. Kesehatan Reproduksi Remaja Dan Wanita, Jakarta, Salemba Medika.




DOI: https://doi.org/10.52822/jwk.v6i1.170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Wacana Kesehatan (ISSN (Cetak) : 2088-5776, ISSN (Online) : 2541-6251)

Published by :
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Akademi Keperawatan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
Telp. 0725-46685
Wa. 08127222232

Email: lppmakdw@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

 

Flag Counter