HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP DALAM MENGATASI DISMENOREA PRIMER PADA REMAJA

Lulu Eka Meylawati, Fitri Anggraeni

Abstract


Pada saat terjadi menstruasi, remaja seringkali mengalami nyeri haid yang dapat mengakibatkan terganggunya aktivitas bahkan sampai terjadi gangguan pencernaan. Untuk mengatasi nyeri haid tersebut, sikap dan tindakannya sesuai dengan pengetahuan yang dimilikinya. Desain yang digunakan pada penelitian ini bersifat deskriptif  dengan metode cross sectional dengan teknik Non Probability Sampling dengan metode dengan teknik total sampling, analisa dengan menggunakan uji Chi Square diperoleh nilai p= 0,020. Kesimpulannya adalah ada Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap dalam Mengatasi Dismenorea Primer Pada Remaja. Perawat diharapkan dapat melakukan pendidikan kesehatan dengan memberikan informasi serta penanganan tentang disminorea untuk meningkatkan pengetahuan remaja.


Keywords


Disminorea, Pengetahuan, Sikap

Full Text:

PDF

References


Saputri, FI. 2017, Pengaruh Peer Education Terhadap Sikap Menghadapi Kejadian Dismenore Pada Remaja Putri Di Pondok Pesantren Islamic Centre BinbazYogyakarta. Skripsi. Program Studi Diploma IV Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Wiknjosastro, H., Saifuddin, A. B., Rachimhadhi, T. 2014. Ilmu Kebidanan. Edisi IV. Cetakan ke-4. Jakarta: Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Silviani, Y. E., Karaman, B., & Septiana, P. (2019). Pengaruh Teknik Relaksasi Nafas Terhadap Dismenorea. Hasanuddin Journal of Midwifery, 1(1), 30-37.

Saputri, FI. 2017, Pengaruh Peer Education Terhadap Sikap Menghadapi Kejadian Dismenore Pada Remaja Putri Di Pondok Pesantren Islamic Centre BinbazYogyakarta. Skripsi. Program Studi Diploma IV Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Anjarwati, S. 2012. Pengaruh Pemberian Jus Wortel Terhadap Penurunan Derajat Nyeri Dismenore Pada Mahasiswa Diii Kebidanan Di Stikes ‘Aisyiyah Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas' Aisyiyah Yogyakarta).

Achmadi, UF. 2013. Kesehatan Masyarakat: Teori dan Aplikasi, Jakarta: Rajawali Pers, 2013

Rahmawati, Tatik. 2016. Hubungan Tingkat Pengetahuan Dismenorea Mahasiswi Pendidikan Biologi Uin Walisongo Semarang Terhadap Sikap Mengatasi Dismenorea Primer. Skripsi. Pendidikan Biologi Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Kemenkes RI. 2018. Menkes: Remaja Indonesia Harus Sehat. https://www.kemkes.go.id/article/view/18051600001/menkes-remaja-indonesia-harus-sehat.html

Yeni, PSI. 2015. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pengetahuan Penggunaan Obat Generik Pada Masyarakat Di Wilayah Kerja Puskesmas Padang Panyang Kabupaten Nagan Raya Tahun 2015. Skripsi. Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar..

Wawan, A dan Dewi M. 2010. Teori dan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku manusia, Yogyakarta: Nuha Medika.




DOI: https://doi.org/10.52822/jwk.v6i1.171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Wacana Kesehatan (ISSN (Cetak) : 2088-5776, ISSN (Online) : 2541-6251)

Published by :
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Akademi Keperawatan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
Telp. 0725-46685
Wa. 08127222232

Email: lppmakdw@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

 

 

Flag Counter