PENGARUH AIR KELAPA MUDA TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI

Rita Sari, Janu Purwono

Abstract


Hipertensi merupakan salah satu penyakit tidak menular yang sangat berbahaya. Jika tidak diatasi maka dapat menyebabkan komplikasi. Pengendalian tekanan darah ini dapat dilakukan dengan pengobatan farmakologi dan non farmakologi (terapi komplementer). Salah satu bentuk pengobatan non farmakologi hipertensi yaitu menggunakan air kelapa muda. Tujuan penelitian ini adalah diketahui pengaruh air kelapa muda terhadap penurunan tekanan darah pada pasien hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Sumberejo. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasy eksperimen dengan rancangan pre and post test without control. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 24 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, tensimeter dan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan ada Pengaruh air kelapa muda terhadap penurunan tekanan darah pada pasien hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Sumberejo. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t diperoleh p-value = 0,003 < (0.05). Kesimpulan penelitian adalah ada Pengaruh air kelapa muda Terhadap Penurunan Tekanan Darah pada pasien Hipertensi. Disarankan kepada penderita hipertensi untuk mencoba alternatif pengobatan lain dalam mengurangi tekanan darah, selain melakukan pencegahan

Keywords


Air Kelapa Muda, Tekanan Darah, Hipertensi

Full Text:

FULL ARTICLE PDF

References


Riskesdas. (2018). Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia

Kemenkes. (2019). Hipertensi

Rafsanjani, T. M., Yasir, Y., & Masyudi, M. (2019). Hubungan pola makan, umur dan pengetahuan dengan kejadian hipertensi pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar. Journal of Public Health Research and Community Health Development, 3(1), 63-70.

Fahriza, et al. (2014). Pengaruh Terap Herbal Air Kelapa MudaTerhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Desa Tambahrejo Kecamatan Bandar Kabupaten Batang Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Agung Semarang.

Trisnawati. (2019). Terapi Komplementer Terhadap Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi:A Literatur Review. 6 (3) : 641-648

Tarwoto, Mumpuni, dan Widagdo. (2018). Pengaruh Konsumsi Air Kelapa Terhadap

Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi. Quality Jurnal Kesehatan, 1(1)

Farapti & Safitri Sayogo. (2014). Air Kelapa Muda-Pengaruhnya Terhadap Tekanan arah.

Nuraeni, A (2020). Perbedaan Terapi Murottal dan Pemberian Air Kelapa Muda Dalam Menurunkan Tekanan Darah Pada Klien Hipertensi, Buletin Kesehatan, 4(2)

Andika, F. Haniarti. Patintingan, A. (2018). Pengaruh pemberian air kelapa terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi diwilayah kerja puskesmas Lanrisang Kabupaten Pinrang. Manusia dan Kesehatan. 1 (3), 217-229.

Gandari, Agustini, Nopiyamti (2014). Pengaruh Pemberian Air Kelapa Muda Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Banjar Pisang Desa Taro Kabupaten Gianyar. Jurnal Dunia Kesehatan, 5 (2).

Azhari M. (2017), Ilmu Kesehatan Masyarakat. Faktor-faktor Yang Berhubungan dengan Kejadian Hipertensi di Puskesmas Makrayu Kecamatan Ilir Barat II Palembang. (1) 2502-4825, 23-30

Budi, dkk. (2011). Beberapa Faktor yang Berhubungan dengan Tekanan Darah pada Usia Lanjut di RW VIII Kelurahan Krobokan Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Semarang.

Wahyuni., dan Eksanoto, D. 2013. Hubungan Tingkat Pendidikan dan Jenis Kelamin dengan Kejadian Hipertensi di Kelurahan Jagalan di Wilayah Kerja Puskesmas Pucang Sawit Surakarta. Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia. 1 (1) : 79-85

Sari, Y. K., & Susanti, E. T. (2016). Hubungan jenis kelamin dengan kejadian hipertensi pada lansia di puskesmas nglegok kabupaten blitar. Jurnal Ners dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 3(3), 262-265.

Fitriana, R. (2018). KEJADIAN HIPERTENSI PADA PASIEN DI PUSKESMAS HARAPAN RAYA KOTA PEKANBARU. Jurnal Kesehatan Husada Gemilang, 1(2).

Sumaryati, M. (2018). Studi Kasus Asuhan Keperawatan Gerontik Pada Keluarga Ny” M” Dengan Hipertensi Dikelurahan Barombong Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 7(2), 205-209

Lestari, Y. I., & Nugroho, P. S. (2019). Hubungan Tingkat Ekonomi dan Jenis Pekerjaan dengan Kejadian Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Palaran Tahun 2019. Borneo Student Research (BSR), 1(1), 269-273.

Maulidina, F., Harmani, N., & Suraya, I. (2019). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Jati Luhur Bekasi tahun 2018. ARKESMAS (Arsip Kesehatan Masyarakat), 4(1), 149-155.

Notoatmodjo.(2014). Metedologi Penelitian Kesehatan. PT. Rienka Cipta: Jakarta.

Maharani, M., Chaeruddin, C., & Darmawan, S. (2013). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Masyarakat Tentang Penyakit Hipertensi di Desa Patobong Kecamatan Mattiro Sompe Kabupaten Pinrang. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 3(1), 146-150

Fadilah Maya, Saputri Firnanda. (2018). Pengaruh air kelapa muda terhadappenurunan tekanan darah pasien hipertensi. 9(2).

Kowalski, Robert. (2010). Terapi Hipertensi: Program 8 minggu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi. Alih Bahasa: Rani Ekawati. Bandung: Qanita Mizan Pustaka

Nurhayati, H. (2017). Pengaruh Terapi Air Kelapa Muda Terhadap Tekanan Darah Pada Lansia Penderita Hipertensi. Jurnal KEperawatan. pp, 2-4.




DOI: https://doi.org/10.52822/jwk.v7i1.397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

________________________________________________________

Diterbitkan oleh :
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Akademi Keperawatan Dharma Wacana
Jl. Kenanga No.03 Mulyojati 16C Metro Barat Kota Metro Lampung
Telp. 0725-46685, Faks. 0725-46685

Terindex di:
JournalStories Main logo

This work is licensed:
Creative Commons License

Under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.