Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Motivasi Perawat D3 Melanjutkan Pendidikan ke Jenjang S1 Ilmu Keperawatan di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Tahun 2023

Tuti Handayani1* Fitra Pringgayuda2 Imelda Adelia Putri3 Senja Atika Sari4
(1) Universitas Muhammadiyah Pringsewu
(2) Universitas Muhammadiyah Pringsewu
(3) Universitas Muhammadiyah Pringsewu
(4) Akademi Keperawatan Dharma Wacana
(*) Corresponding Author

Abstract

Banyak yang menganggap profesi perawat hanyalah sekedar pembantu dokter, tanpa dokter perawat tidak dapat melakukan tugasnya dengan sempurna. Anggapan ini membuat profesi perawat dipandang sebelah mata oleh masyarakat karena perawat hanya melakukan tugasnya dengan menunggu instruksi dari seorang dokter. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan motivasi perawat D3 melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 Ilmu Keperawatan. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat D3 semester 2 yang melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 Ilmu Keperawatan di Universitas Muhammadiyah Pringsewu, yang berjumlah 114 orang di tahun 2022 dengan jumlah sampel 89 responden. Teknik sampling yang digunakan simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar kuesioner dan dianalisis dengan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara persaingan dengan motivasi perawat D3 melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 Ilmu Keperawatan, ada hubungan antara dukungan keluarga dengan motivasi perawat D3 melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 Ilmu Keperawatan, ada hubungan antara sosial ekonomi dengan motivasi perawat D3 melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 Ilmu Keperawatan. Kesimpulan bahwa ada hubungan persaingan, dukungan keluarga, sosial ekonomi dengan motivasi perawat D3 melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 Ilmu Keperawatan.

Keywords


Persaingan; Dukungan Keluarga; Sosial Ekonomi

Full Text:

PDF

References


Wulandari, P., & Pujasari, H. (2013). Faktor-Faktor Motivasi Mahasiswa Keperawatan untuk Mengikuti Program Profesi. Jurnal Universitas Indonesia.

Andriani, M., Hayulita, S., & Idra, W. M. (2022). Hubungan Minat Dan Dukungan Keluarga Dengan Motivasi Mahasiswa S1 Keperawatan Melanjutkan. IX(1).

Aminuddin, A. (2021). Keperawatan di Ruang Instalasi Rawat Inap RS TK II PELAMONIA MAKASSAR Factors Related to Nurse s Motivation to Continue Education In Nursing Higher Education at the Instalation Room of TK II PALAMONIA HOSPITAL MAKASSAR.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Fatmawati. (2012). Faktor yang berhubungan dengan motivasi perawat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 Keperawatan di Ruang RSUD Syekh Yusuf Gowa.

Zalina, S., Muharni, S., Wardhani, U. C., Zalina, S., Muharni, S., & Wardhani, U. C. (2020). Keperawatan DI RSUD Encik Mariyam Tahun 2020 Related Factors To Nurses Motivation In Continuing Nursing Education In Encik Mariyam Hospital Year 2020.

Yosi Saniatun, M., Rs, D., & Untuk, P. (2021). Faktor -faktor yang berhubngan dengan motivasi perawat di Rs Pusri untuk melanjutkan pendidikan.

Wulandari, P., & Pujasari, H. (2013). Faktor-Faktor Motivasi Mahasiswa Keperawatan untuk Mengikuti Program Profesi. Jurnal Universitas Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.52822/jwk.v8i2.534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

___________________________________________________________________
Jurnal Wacana Kesehatan
ISSN 2088-5776 (print) | 2541-6251 (online)
Managed by: Research and Community Service Institute
Published by: Akademi Keperawatan Dharma Wacana Metro
W: https://www.jurnal.akperdharmawacana.ac.id/
E: lppmakdw@gmail.com

 This work is licensed Under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Creative Commons License